Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Sunday, May 27, 2018

Jenis - Jenis Topologi Jaringan Komputer (Star, Bus, Ring, Mesh, Dan Tree)

Pengertian dan Jenis - Jenis Topologi Jaringan


Ya artikel kali ini kami akan membahas Jenis - Jenis Topologi Jaringan, misalnya topologi Star dan Topologi lainnya kepada kamu agar tidak bingun dalam membedakan antar jenis topologi jaringan komputer. Untuk itu disini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai jenis - jenis topologi jaringan pada komputer termasuk kelebihan dan kekurangan antar topologi.
Global

Untuk Kamu yang masih bertanya apa itu Topologi Jaringan ?? Oke disini saya akan menjelaskan pengertian topologi jaringan itu sendiri agar sebelum kamu mengetahui jenis - jenis Topologi.

Oke langsung saja, Topologi jaringan adalah suatu rangkaian yang dibuat agar dapat menghubungkan banyak komputer agar saling terhubung dalam suatu jaringan.

Itulah tadi pengertian topologi jaringan setidaknya kamu sudah sedikit paham mengenai topologi jaringan komputer, sekarang kami akan membahas jenis - jenis topologi jaringan ada berbagai macam, dan kita dapat membedakannya melalui struktur disain yang dibuat. Jenis topologi jaringan memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing.
Berikut Jenis Topologi Jaringan  :

Jenis-Jenis Topologi Jaringan


1. Topologi Star

Topologi Star
Topologi Star
Topologi Star adalah topologi jaringan yang rangkaiannya seperti bentuk  bintang, dimana hub atau switch diletakkan di pusat atau  di tengah untuk menghubungkan antar komputer agar terhubung kedalam satu jaringan menggunakan kabel UTP. Penggunaan hub dirancang agar padasaat proses pengiriman data antar komputer bisa terhubung langsung ke komputer tujuan yang ingin dikirim data tanpa harus melewati  dan menggangu komputer lain.
Berikut beberapa Kelebihan serta kekurangan Topologi ini :


Kelebihan Topologi Star :
  1. Mudah dalam mendeteksi kerusakan pada komputer yang mengalami gangguan.
  2. Mudah melakukan perubahan saat ingin menambah dan mengurai komputer yang berada di dalam satu jaringan tanpa ada dampak ke komputer yang lain.
  3. Kecepatan data dan keamanan informasi  data yang tinggi.

Kekurangan Topologi Star :
  1. Membutuhkan biaya yang tinggi karena membutuhkan kabel UTP yang banyak untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain.
  2. Kestabilan jaringan  sangat tergantung pada Terminat Pusat yaitu Hub ataupun Switch, sehingga apabila hub/switch mengalami ganguan atau rusak maka akan berdampak kepada semua komputer yang terhubung dan otomatis mengalami ganguan.


2. Topologi Bus

Topologi Bus
Topologi Bus
Topologi Bus adalah Rangkaian jaringan yang dibuat berjajar dan komputer-komputer yang terhubung dalam satu jaringan rapi seperti antrian lurus. Hanya membutuhkan satu kabel coaxial dan pada setiap komputer terhubung ke jaringan dihubungkan dengan konektor BNC ke kabel coaxial dan jangan lupa pada ujung kabel harus diakhiri oleh terminator.
Berikut beberapa Kelebihan serta kekurangan Topologi ini :

Kelebihan Topologi Bus : 
  1. Menghemat biaya pemasangan karena menggunakan kabel yang sedikit.
  2. Rangkaian Jaringan rapi berjajar.

Kekurangan Topologi Bus :
  1. Sangat sulit untuk mendeteksi gangguan yang terjadi pada jaringan sehingga susah untuk ditangani.
  2. Jika terdapat satu komputer yang gangguan jaringan maka semua komputer akan mengalami gangguan jaringan juga.
  3. Sering terjadi antrian pengiriman data karena data yang ingin dikirim harus melalui komputer-komputer yang dilewati terlebih dahulu.
  4. Jika jarak antar komputer terlalu jauh ke komputer lain maka harus dibantu dengan repeater.


3. Topologi Ring

Topologi Ring
Topologi Ring
Topologi Ring adalah Rangkaian jaringan yang membentuk seperti cincin. Komputer dihubungkan satu sama lain melingkar terus hingga kembali ke komputer yang pertama dan membentuk seperti lingkaran.
Berikut beberapa Kelebihan serta kekurangan Topologi ini :


Kelebihan Topologi Ring :
  1. Pemasangan untuk menghubungkan antar komputer simple dan mudah.
  2. Biaya yang murah karena kita hanya membutuhkan kabel UTP yang sedikit tidak seperti topologi STAR.

Kekurangan Topologi Ring :
  1. Jika salah satu komputer pada jaringan ini bermasalah ataupun kabelnya bermasalah maka pengiriman data akan terganggu bahkan terjadi error pada saat melakukan pengiriman data.


4. Topologi Mesh

Topologi Mesh
Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah Rangkaian jaringan  yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung dengan komputer yang lain menggunakan kabel tunggal langsung. Jadi proses pengiriman data tidak membutuhkan bantuan switch atau hub melaikan langsung terkirim ke komputer tujuan.
Berikut beberapa Kelebihan serta kekurangan Topologi ini :


Kelebihan Topologi Mesh :
  1. Pengiriman data lebih cepat dan praktis tanpa harus melalui perantara hub/switch.
  2. Jika terjadi gangguan salah satu komputer yang terhubung efeknya tidak akan berdampak terhadap komputer lain.

Kekurangan Topologi Mesh :
  1. Proses instalasi jaringan yang rumit.
  2. Membutuhkan biaya yang cukup banyak karena kabel yang dibutuhkan banyak untuk membuat topologi mesh ini dan setiap komputer yang digunakan harus dipasang port I/O.


5. Topologi Tree

Topologi Tree
Topologi Tree
Dinamakan Topologi Tree karena rangkaian jaringan yang dibuat membentuk seperti pohon. Topologi Tree adalah gabungan beberapa atau evolusi topologi star yang digabungkan dengan topologi bus dan didisain sedemikian rupa seperti pohon. Jadi komputer yang berada di topologi ini memiliki tingkatan jaringan yaitu jaringan yang berada lebih tinggi dari komputer yang berada dibawah dapat mengontrol jaringannya.

Kelebihan Topologi Tree :
  1. Mudah dalam pencarian kesalahan dan mengatasi gangguan yang terjadi.
  2. Mudah melakukan perubahan seperti  menambah atau mengurangi komputer yang diinginkan.

Kekurangan Topologi Tree :
  1. Membutuhkan dana yang cukup banyak karena ada banyak kabel yang digunakan.
  2. Sering terjadi tabrakan dama pengiriman data dan lambat dalam melakukan pertukaran data antar komputer.
  3. Jika terjadi gangguan pada komputer jaringan yang berada lebih tinggi akan berdampak pula pada jaringan komputer yang lebih rendah dibawahnya.


Sekian artikel Pengertian dan Jenis - Jenis Topologi Jaringan ( Star, Bus, Ring, Mesh, Dan Tree ). Semoga bermanfaat dan dapat membantu jika ada yang kurang jelas serta kritik yang membangun silahkan Coment atau Contact saya Terima Kasih. 

5 on: "Jenis - Jenis Topologi Jaringan Komputer (Star, Bus, Ring, Mesh, Dan Tree)"