Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Sunday, May 27, 2018

Tips Menjaga dan Merawat Laptop Agar Tidak Rusak

Cara Menjaga Dan Merawat Laptop


Merawat Laptop memang terdengar sepele dan tidak terlalu penting bagi kamu. Laptop pada saat sekarang ini telah jadi kebutuhan pokok di perkotaan sebagai alat untuk membantu dan mempermudah perkerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, tidak hanya orang dewasa di perkantoran siswa pun juga sudah banyak menggunakan laptop untuk kebutuhannya dalam menyelesaikan tugas.
Laptop
Tetapi hal yang paling dasar dan paling sering orang abaikan karena menganggap tidak terlalu penting dan cuek saja padahal dampaknya besar pada saat udah rusak baru bingun dan bertanya kenapa laptop bisa jadi gini?. Karena untuk mengatasi laptop rusak untuk itulah kamu perlu melakukan Perawatan Pada Laptop adalah hal yang sangat perlu dilakukan jika kamu menginginkan Laptop selalu dalam performa yang baik dan tidak mudah rusak. Pada artikel kali kami akan dibagikan tips cara menjaga dan merawat laptop.

Tips Merawat Laptop Agar Awet


  1. Jangan menggunakan laptop pada saat kondisi lagi di cas / di charger, karena akan membuat baterai panas dan membuat batre lama-kelamaan memiliki peluang penampuan baterai akan bocor dan membuat batre menjadi soak.
  2. Jika melakukan pengisian daya (charger) pada laptop, usahakan dalam kondisi mati.  dan apabila terpaksa mengecas dalam kondisi hidup tidak masalah tetapi kamu harus memperhatikan sudah berapa batre yang terisi apabila sudah mencapai 80% atau lebih langsung copot lah casan kamu jangan sampai melewati 90-95% karena dapat membuat batre laptop menjadi soak.
  3. Pada saat ingin melakukan charger laptop usahakan Adaptor charger dicolokkan dulu ke laptop kemudian dicolokkan ke stop kontak dan apabila batre laptop sudah penuh. cabut dahulu dari stop kontak  kemudian baru cabut charger dari laptop.
  4. Lakukan pembersihan debu pada laptop minimal sekali dalam sebulan. Pembersihan dimulai dari layar, casing, kemudian slot USB port dan lubang keluaran panasnya. Bersihkan menggunakan alat pembersih khusus untuk laptop.
  5. Pada saat membersihkan layar laptop, gunakanlah kain yang lembut dan cairan khusus untuk laptop. Jangan menekan terlalu keras, pada saat membersihkan layar usahakan laptop dalam kondisi mati mempermudah dan menghindari terjadinya kerusakan hardware.
  6. Intal antivirus dan lakukan scan rutin untuk menghidari laptop virusan. Gunakan antivirus yang sudah terpercaya seperti Avast atau Smadav.
  7. Hindari bermain game dan menekan Keyboard terlalu keras. dan karena bermain game dapat mempengaruhi baterai laptop. Jika Anda seorang yang suka bermain game, sebaiknya gunakanlah PC karena sudah di set untuk game" keras dan menggunakan keyboard external.
  8. Jangan bemain laptop diatas sofa atau tempat tidur dan diatas paha karena akan meredam panas yang dihasilkan oleh laptop dan tidak dapat keluar dari laptop.
  9. Jangan meletakkan minuman dekat laptop, karena laptop adalah perangkat elektronik dan sangat anti dengan air yang apabila terkena dapat menyebabkan konslet dan laptop menjadi rusak.
Sekian untuk Artikel Cara Menjaga dan Merawat Laptop Agar Tidak Rusak. Semoga bermanfaat dan dapat membantu jika ada yang kurang jelas silahkan komen atau contact saya Terima Kasih.

5 on: "Tips Menjaga dan Merawat Laptop Agar Tidak Rusak"
  1. Terima kasih tipsnya mas Menjaga dan Merawat Laptop Agar Tidak Rusak sangat bermanfaat biar awet laptop aq mas thanks

    ReplyDelete
  2. Biasanya saya sering main game saat laptop sedang dicas, ternyata itu salah ya gan

    ReplyDelete
  3. Laptop ane udh bocor bantrainya hara gara main game

    ReplyDelete
  4. Gan padahal laptop ane jarang dipake, itupun jarang klo make palingan kalo lagi ada tugas kerjaan baru saya pake. Tapi keyboardnya itu loh kayanya yg rusak. Entah kotor atau karena apa padahal laptop saya simpan di lemari yg aman dan diberikan tas agar tidak terbentur. Kira kira ada solusi gak ya karena apa laptop saya rusak? Thanks gan

    ReplyDelete
  5. ane blm ktrutan pnya leptop nih gan. moga aja tar ane pnya leptop, bkal ane terapin dh info agan

    ReplyDelete