Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Sunday, May 27, 2018

Pengertian Dan Jenis - Jenis Sistem Operasi (SO) Pada Komputer

Pengertian Dan Jenis Sistem Operasi

Pengertian Dan Jenis - Jenis Sistem Operasi (SO) Pada Komputer

Sebelum kita membahas tentang Jenis Sistem Operasi atau biasa disebut Operating System (OS) mempunyai arti sebagai berikut yaitu adalah gambungan perangkat program yang mengelola dan mengatur hardware komputer dan juga menyiapkan layanan umum pada aplikasi software di komputer. Pada saat ini cukup banyak so yang bisa digunakan pada komputer.
Berikut Jenis - Jenis SO ( Sistem Operasi ) :

Jenis - Jenis Sistem Operasi 


  • Sistem Operasi Windows 


Sistem operasi Windows pertama kali di luncurkan dan diperkenalkan pada umum tahun 1985. Awalnya sistem operasi windows ini diperkenalkan bukan dengan nama Windows melaikan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik sebelum di ubah menjadi Windows versi 3.0 pada Bulan Mei 1990 inilah pada awalnya yang ada Sistem Operasi dengan sebutan Windows.
Dan pada saat ini Windows menjadi sistem operasi yang paling populer di seluruh dunia dikarenakan pengembangan dan perbaikan sistem yang cukup baik. Beberapa contoh versi windows yang banyak digunakan sekarang ini adalah: Windows XP. Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Berikutnya telah dirilis kembali Windows 10 pada awal tahun 2015 ini.

  • Sistem Operasi Unix


Sistem Operasi Unix adalah Sistem operasi yang diciptakan dan dibuat oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Labs. SO Unix didesign sebagai sistem operasi yang portabel, Multi User, Dan Multi-Tasking. SO Unix lebih menekankan kepada Workstation dan Server, karena faktor ketersediaan yang cukup tinggi menyebabkan So ini sering digunakan, dan dimodifikasi sehingga Unix pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan So Unix memiliki banyak sekali jenis dan type.
Unix sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga hampir mirip dengan DOS yaitu Line / Text Command Based selain itu So ini pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan OS lainnya, karena pada setiap file, direktori, user dan group memiliki pengaturan set izin tersendiri untuk mengaksesnya. Karena dukungan Proyek GNU, maka UNIX berkembang menjadi Sistem Operasi LINUX.

  • Sistem Operasi LINUX


Sistem Operasi Linux adalah Evo dari So Unix dan awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya dibuat hanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server Unix. So Linux merupakan Evo dari MINIX (salah satu varian jenis UNIX). Karena Linux merupakan kloning dari unix tentu saja Linux memiliki banyak desain yang hampir sama dengan desain dasar So Unix. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu kernel sistem Linux yang menangani kontrol pada proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem file berkas. Sama seperti Unix, Sistem Operasi Linux pun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih baris perintah (Command Line Iterface/CLI) berbasis teks, dan berbasis (Graphical User Interface / GUI) yang merupakan konfigurasi dasar dan bawaan untuk versi dekstop. Pada komputer Desktop, KDE, GNOME, dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling sering digunakan diantara variann pengguna lainnya.

Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Console). Perbedaan utama antara So Linux dengan OS lainnya adalah terletak pada Kernel dan komponen-komponen yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada So Unix, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server. Karena Sistem Operasi Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu yang lama dan kebal terhadap berbagai Malware. Satu hal yang membedakan Linux dengan OS lainnya adalah harga, karena kebanyakan dari Linux Gratis atau pun yang berbayar (Lisensi). Ada beberapa macam jenis Distro Linux seperti Debian, Ubuntu, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux. Slackware, Knoppix, Fedora, Suse.

  • Sistem Operasi IBM OS/2


Sistem operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine dan Microsoft Corporation untuk digunakan di subuah Komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 sendiri adalah Operating System/2 yang didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikro processor Intel 80286, termasuk diantaranya yaitu Modus terproteksi yang mampu menjalankan tugas secara Simultan serta mendukung Memori Virtual yang dibuat, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas banyak perangkat lunak MS-DOS.

  • Sistem Operasi MAC OS


Sistem Operasi MAC OS atau Machintosh Operating System adalah Sistem operasi yang dibuat untuk keperluan Apple Computer yaitu khusus untuk Komputer Machintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan interface pengguna Berbasis GUI (Graphical User Interface).

Sistem operasi Machintosh operating System dibagi menjadi 2 jenis :

1. MAC OS Klasik
MAC OS Klasik Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris Perintah), MAC OS Klasik menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking.

2. MAC OS X
MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD UNIX, One Step dan MAC OS X memiliki memori yang hampir sama UNIX dan Pre-Emptive yang Multitasking.

  • Sistem Operasi Free BSD


Sistem Operasi Free BSD adalah Sistem operasi berbasis Unix bebas yang diturunkan oleh So Unix AT&T. Free BSD berjalan diatas intel x86. Free BSD sendiri pertama kali  dilunculkan dan muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan So Free BSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan user. Sistem Operasi Free BSD sendiri dikembangkan dari 386BSD yaitu proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

Sekian untuk Artikel Pengertian Dan Jenis - Jenis Sistem Operasi (SO) Pada Komputer. Semoga Membantu dan dapat Bermanfaat Jika ada yang kurang jelas silahkan Komen atau Contact saya terima Kasih.

1 on: "Pengertian Dan Jenis - Jenis Sistem Operasi (SO) Pada Komputer"
  1. ada berapa macam sebenarnya mas di dunia ini sistem operasi itu apa seperti google yahoo bing dan lainya masih banyak ngak mas

    ReplyDelete