Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Sunday, May 27, 2018

Bagaimana Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Apa Sebabnya?

Tips Mengatasi Laptop Sering Mati Tiba - Tiba


Ya artikel kali ini akan menjelaskan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Apa Sebabnya?Bingung kenapa laptop tiba - tiba mati sendiri?, ya mungkin masalah ini banyak terjadi jika menggunakan laptop type lama, hal yang menybabkan laptop mati bisa saja karena adanya virus atau laptop kepanasan.
Laptop Error
Biasanya penyebab utamanya jika menemukan masalah laptop mati sendiri adalah karena hardwarenya (Perangkat Keras) yang tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan gangguan pada sistem kerja laptop, hardware yang sedang mengalami gangguan yang menyebabkan hardware tidak bisa mengeksekusi perintah yang sesuai dengan input data yang diberikan.
Berikut Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri secara tiba - tiba.

Sebab Dan Solusi Menangani Laptop Mati 


1. Laptop Terlalu Panas


Laptop jika dimainkan secara non-stop atau terus-menerus tanpa henti dapat mengakibatkan laptop OverHeat karena terlalu panas. Sistem di sebuah laptop sudah dirancang secara otomati jika laptop mengalami overheat/kepanasan maka sistem pada komputer akan secara otomatis akan menonaktifkan seluruh sistem dan mematikan dirinya sendiri jika laptop terlalu panas.

Tips cara mengatasi laptop yang kepatanasan:
1. Gunakan Laptop pada Tempat yang Datar
Tempat datar seperti meja atau sejenisnya untuk alas laptop agar sirkulasi panas dapat berjalan dengan baik, jangan menggunakan laptop diatas kasur atapun dipangku karena dapat menyebabkan lubang sirkulasi udara tertutup.
2. Gunakan Pendingin Laptop (Cooling Pad)
Pendingin dibutuhkan untuk melancarkan sirkulasi udara agar panas pada laptop dapat keluar dengan mudah dan dapat menurunkan suhu laptop.
3. Bersihkan Perangkat Keras Laptop (hardware) dari debu ataupun kotoran.
Membersihkan hardware dari debu bisa menggunakan alat bantu kuas atau sejenisnya.


Itulah Tips agar laptop tidak mengalami Kepanasan. Dan agar kita dapat menghindari terjadinya overheat pada laptop adalah adalah Pastikan bahwa lubang saluran udara bagian bawah laptop tidak tertutup dan dalam keadaan bersih. Jika terdapat debu bersihkan menggunakan kuas atau sejenisnya agar dapat memperlancar sirkulasi udara didalam laptop agar tetap stabil. Jika kamu akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama sebaiknya gunakan pendingin (pad) untuk mempercepat proses pembuangan udara yang panas kerena sistem yang berkerja didalam agar menjadi lebih sejuk dan udara pada laptop menjadi stabil kembali.

2. Terdapat masalah pada RAM


Berikut adalah beberapa masalah pada RAM yang dapat menyebabkan Laptop mati sendiri secara tiba - tiba :

1.Laptop dapat mati dengan sendiri bisa saja karena RAM yang posisinya tidak pas pada slot ram dan ram tidak tertancap dengan rapat. 
2.Kaki RAM atau lebih tepatnya pin ram sudah tidak bagus lagi mengalami korosi yang menyebabkan ram error. 
Kedua tersebut bisa saja adalah sebab dari laptop sering mati sendiri, kerusakan pin ram dapat menyebabkan RAM susah di deteksi, Jika ram tidak berkerja dengan baik maka laptop akan bekerja lebih ekstra secara otomatis jika laptop berkerja dengan keras maka laptop akan kepanasa dan dapat menyebabkan laptop mati sendiri.


Unutk mengatasi masalah ini adalah adalah bersihkan pada bagian kaki RAM dengan menggunakan penghapus gosokkan perlahan-lahan di kaki ram untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada pin ram yang menyebabkan ram berkerja dengan tidak baik. Jika sudah membersihkan ram sekarang pasang kembali RAM pada slot ram.


3. Processor Pada Laptop Terlalu Panas.


Pusat pemberih perintah di dalam sistem komputer atau nyawanya laptop ini jika berkerja terlalu keras dan processor kepanas dapat menyebabkan sistem memberi perintah otomatis untuk menonaktifkan laptop. 

Untuk Solusin mengatasi masalah processor terlalu panas adalah Pertama buka terlebih dahulu processor pada laptop dengan hati-hati, bersihkan pasta yang lama dan kemudian kamu tambahkan pasta baru pada processor laptop tapi jangan terlalu banyak menaruh pastanya.


4.Kerusakan Motherboard / Mainboard Laptop


Jika ini mainboard sudah rusak apa boleh buat sebaiknya kamu panggil tukang service yang ahli dengan masalah ini karena mainboard ini alat-alatnya rawan jika di pegang secara tidak hati - hati panggil tukang service yang terpercaya jangan yang abal-abal sob.

Sekian untuk artikel Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Sebab laptop tiba-tiba mati. Semoga bermanfaat dan dapat membantu, jika ada yang kurang jelas dan apabila ada kritik dan saran silahkan Coment atau Contact saya Terima Kasih. 

3 on: "Bagaimana Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Apa Sebabnya?"
  1. Kalau laptop baru beli tapi suka mati sendiri itu kira-kira apa ya gan masalahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari programnya sob kalo laptop baru, bisa juga pernah kebentur dan ada alat" yang Bergeser. dan kalo laptop lama itu bisa karena banyak debu didalamnya.

      Delete
  2. Iyanih kadang laptopku sering mati sendiri. Tau nya penyebabnya bisa gini ya hehe

    ReplyDelete